Manfaat Daun Kemangi Untuk Mencegah Osteoporosis

Apakah anda pernah melihat daun kemangi? Ya daun kemangi yang sering kita makan sebagai lalapan dalam pecel lele, sambal ataupun sebagai hiasan dalam menghidangkan makanan. Kemangi merupakan spesies tumbuhan bunga berbibir yang tergolong kedalam family Labiatae. Tanaman ini memiliki tinggi sekitar 60 cm dengan kontor batang yang halus, daunnya berbentuk oval dan berlekuk pada permukaan bagian bawah dengan ukuran yang kecil. Daun ini emiliki rasa yang khas yaitu dingin dan segar dimulut seperti mint. Mungkin bagi sebagian orang yang sudah terbiasa memakan daun kemangi terasa segar, tapi bagi yang belum pernah makan daun kemangi akan merasakan aroma yang sedikit mengganggu. Tapi setelah anda mengetahui betapa bermanfaatnya daun kemangi maka anda yang tidak suka dengan daun kemangi akan berpikir dua kali.
Daun kemangi dengan nama latin Ocinum Canum mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya adalah sari daun kemangi yang bermanfaat untuk mengatasi diare, batu ginjal, sembelit, sakit kepala. Pada pria dewasa senyawa sineol dalam kemangi dapat mengatasi enjakulasi premature dan mencegah kemandulan. Untuk wanita senyawa anetol, eugenol dan boron dan stigmasterolnya mampu merangsang hormone estrogen, membunuh jamur penyebab keputihan dan merangsang pematangan sel telur dan masih banyak lagi manfaat dari daun kemangi.
Salah satu dan yang akan kita bahas kali ini tentang Manfaat Maun Kemangi Untuk Mencegah Osteoporosis. Yang dimaksud dengan Osteoporosis (keropos tulang) adalah salah satu jenis penyakit degenerative. Penyebab penyakit degenerative umumnya karena kurangnya aktivitas ataupun berolahraga, serta kurangnya nutrisi atau karena system penyerapan nutrisi yang tidak sempurna oleh tubuh.
Makanan yang kita konsumsi  setiap hari banyak mengandung gizi-gizi seperti, protein, lemak, karbohidrat serta berbagai mineral dan vitamin yang terkandung dalam makanan. Sayangnya dari sejumlah zat yang masuk kedalam tubuh dan sangat dibutuhkan oleh tubuh tidak dapat terserap dengan baik. Hal-hal yang dapat mnyebabkan nutrisi kurang diserap dengan baik oleh tubuh salah satunya suasana keasaman dalam saluran pencernaan yang kurang sesuai.
Pada masa anak-anak dan remaja adalah masa yang baik untuk membangun kepadatan tulang, hasil riset telah membuktikan bahwa mengkonsumsi buah dan sayur selama masa anak-anak dan remaja menunjukan akumulasi mineral yang tinggi. Mineral tulang yang tinggi seperti kalsium (Ca) dapat membuat masa tulang lebih padat dan kuat. Kegagalan dalam membentuk tulang yang kuat pada masa remaja dapat menyebabkan masalah pada masa mendatang seperti penyakit Osteoporosis. Konsumsi susu secukupnya memang menjadi solusi cepat untuk menanggulangi masalah ini, tetapi para peneliti menemukan bahwa sebagian orang yang tidak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan sesuai dengan jumlah yang telah dianjurkan dapat mengalami akumulasi garam mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang.
Perhatian khusus bagi kita masyarakat Indonesia yang masih kurang konsumsi susu, jarang berolahraga dan malas mengonsumsi buah dan sayuran menjadikan rentan sekali terkena Osteoporosis. Dari jenis sayur-sayuran daun kemangi merupakan yang termasuk baik untuk menjaga kepadatan tulang, dengan kandungan mineral kalsiumnya sangat baik untuk tulang. Kandungan kimia lain yang terdapat pada kemangi adalah senyawa timol, eugenol, metil kavikol, sitral, etil sinamat, geraniol, dan linalool.
Semoga artikel tentang Manfaat Maun Kemangi Untuk Mencegah Osteoporosis tersebut dapat bermanfaat. Kami sebagai penulis minta maaf jika ada kesalahan atau kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca, dan mudah-mudahan dimaafkan.
“Senang sekali jika dari temen-temen mau berbagi pendapat dengan kami melalui forum koment di bawah ini, kami sangat mengharap kritikan dan masukannya untuk membangun blog ini menjadi yang lebih baik lagi. Terima kasih”.
Sumber : Berbagai Sumber

0 comments:

Posting Komentar

 
Top