Manfaat Manggis si Ratu Buah





Di pasar tradisional, pedagang buah keliling hingga supermarket, manggis sedang mudah kita temui. Buah yang tumbuh musiman ini tengah menjadi primadona hingga ke mancanegara. Tentu kita juga harus tahu apa saja kebaikan yang ada pada manggis. Yuk Clovers, simak pembahasan Resepkita tentang manggis dan aneka manfaatnya untuk kesehatan.

Manggis adalah salah satu buah tropis yang berasal dari kepulauan Nusantara. Memiliki kulit buah berwarna merah keunguan ketika sudah masak. Manggis juga dikenal dengan sebutan 'Ratu Buah', karena memiliki kadar antioksidan tertinggi di antara buah-buah lainnya. Manfaat manggis tak hanya terletak pada buahnya namun biji dan kulitnya pun bisa dijadikan obat herbal berbagai penyakit.

Buah manggis mengandung zat antioksidan alami, mampu menghambat penuaan dini dalam tubuh serta memperbaiki sel tubuh yang rusak, menyehatkan mata, kulit dan rambut. Manggis bermanfaat melancarkan metabolisme protein serta karbohidrat, sehingga mampu menjaga stamina dan tenaga. Sangat baik dikonsumsi untuk Clovers yang baru pulih dari sakit. Dengan mengkonsumsi buahnya secara langsung dan rutin juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol, dan mengatasi penyakit batu ginjal.

Selain buahnya, kulit manggis pun memiliki manafaat yang tak kalah hebat. Kulit manggis mengandung senyawa xanthone, yaitu antioksidan tinggi yang mampu melawan radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kulit manggis juga memiliki sifat antidiabetes, antikanker, antiradang, antibakteri, antifungi, antiplasmodial. Sifat antipoliferasi pada kulit manggis dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, bahkan sifat apoptosis pada kulit manggis dapat menghancurkan sel kanker. Kandungan antiradang pada kulit manggis dapat mengurangi sisik dan gatal pada penyakit kulit.

Penderita penyakit jantung pun boleh bergembira karena kulit manggis dapat mencegah dan meringankan gejala penyakit jantung, memperkuat pembuluh darah, menurunkan kolesterol LDL, menurunkan tekanan darah tinggi hingga mencegah arteriosclorosis, yaitu radang pembuluh darah. Selain itu kulit manggis juga ampuh menurunkan demam, mengatasi keracunan makanan, menyembuhkan luka tenggorokan, mengatasi sesak napas, mengobati sariawan, mengurangi migran dan meringankan wasir, menyembuhkan kerusakan urat syaraf, menyeimbangkan sistem kelenjar endokrin dan menurunkan gula dalam darah. Selain itu, kulit manggis juga bermanfaat mengobati penyakit kulit yaitu meringankan penyakit kulit kemerahan (psoriasis), mempercepat penyembuhan luka dan menyembuhkan penyakit kulit berisik (neurodermatitis).

Kini beberapa produsen pangan mulai membudidayakan kulit manggis dan mengolahnya menjadi sirup, jus atau obat herbal berupa kapsul. Clovers juga bisa mengolah sendiri kulit manggis menjadi jus atau teh kulit manggis. Jadi, jangan lupa tambahkan manggis di daftar belanja Clovers besok ya!


Sumber  :  resepkita.com

0 comments:

Posting Komentar

 
Top