Ya, keyboard ini udah agak lama ditangan gue. males gtu pakenya... Cheesy padahal gue suka banget sebenernya, more than my G11.  Cheesy
Lycosa adalah kibord gaming ke-2 dari Razer yaitu Tarantula (which the review can be seen here :
seolah ingin memberikan 'nafas' baru bagi sebuah gaming keyboard umumnya, Lycosa didesain sangat cantik dan elegan dengan flat button layaknya sebuah kibord pada notebook. lekuk-lekuk bodynya yang glossy dan sexy smakin mempertegas bahwa Razer sangat serius dalam membuat kibord ini. touch panel medianya yang futuristik banget dan enteng pula... pokoknya keren deh.... ;)6
fitur touch panel media keys, all buttons macro, slim keystrokes, slim profile design, this kibord surely knocks down those hefty heavy huge gaming keyboards out there. 

dari semua orang yang gue tnyain pendapat waktu pertama kali ngeliat kibord ini (kondisi nyala ataupun tidak), lebih dari 90% smuanya menjawab : "Keren..kibord apaan tuh ?" 
sisa 10%nya bilang : "Apaan tuh kibord, butek banget item doank...!"  tapi rata2 setelah tau n liat kibord ini pas lagi lights up juga pada bilang keren kok.
selain itu, dilema jg meliputi kibord ini. betapa tidak, dengan desain sexy dan menarik ternyata button2 kibord ini dilapisi semacem karet anti slip. so what's up with that ? yah, walopun Razer mengklaim non-slip rubber button ini akan membuat gaming lo makin OK, ternyata karet2 ini bisa terkelupas dan pastinya membuat penampilan hampir sempurna dari kibord ini akan sedikit ternoda.

so, OK nuff said.

PACKAGING.



a very Razer packaging ey? dark and mysterious. the looks and shapes of the keyboard is awesome. keren... ;)6



bagian belakang sperti biasa, ada 10 macam bahas yang menjelaskan fitur kunci dari kibord keren nan cantik ini lengkap dengan sertifikasi OS yang dianutnya.



as you can see, mine's is an US version. Full Retail US Layout.

INSIDE THE BOX.



pas buka pertama kali, layaknya box tarantula, ga langsung kliatan kibordnya. tapi dikasi smacem introduction dari bokapnya Razer - Razer Guy alias Robert Krakoff dan lagi2 fitur kunci dari Lycosa ini.
dan kalo liat ditengahnya ada kayak t4 CD gtu yang berlogo Razer tanpa warna alias item, kerennn...



nah, isi t4 CDnya itu kayak gini nih... Cheesy
searah arah jarum jam dari kiri, katalog produk razer, bawahnya itu quick start guide Lycosa, kanannya itu sertifikat Razer Lycosa dan terakhir manual book yang jg berisi CD Driver Lycosa.



lift up the cover and there you have the keyboard. looks dark and a bit ugly i should if it's not lighten up. 
sedikit kecewa karena kibordnya sendiri tidak diplastikin ato gmana, yang diplastikin jstru malah kabel2nya. 
mungkin Razer pikir ketebelan boxnya udah cukup kuat untuk menahan tiap bantingan yang swaktu2 mengancam.  Cheesy aneh.



yup, that's the Razer Lycosa. see the sharp curves ? sooo sexy...





TESTING.
ok, testing time. lets see if this keyboard can live up its name as a gaming keyboard or not.



- Lighting Options.
kibord ini punya 3 lighting options : 1. off, 2. cluster WASD, 3. on.
untuk yang nomor 2, sperti ini pic-nya.



terlihat terang sampai2, button2 disekitarnya jg keliatan. ya, emang kalo lightingnya diset ke cluster WASD, maka button WASDnya lampunya sdikit lebih terang lagi bila dibandingin sama semua button lampu nyala.
keren.  ;)6

untuk yang nomor 3 :



dalam kegelapan, kibord ini terang loh lightingnya. ga bakal ribet n susah cari huruf yang tepat waktu mao ketik waktu seluruh button lampunya dinyalain.

- Touch-Panel Media Keys & Gaming Buttons
ok, tombol2 media dan gaming buttons ini terletak paling kanan atas, dibawah lampu2 num, caps dan scroll lock.



seperti terliat, mulai dari kiri atas itu adalah button play/pause, kanannya adalah stop, kanannya lagi ngelewatin logo razer itu adalah button volume down dan volume up paling kanan.
bawahnya adalah button rewind dan button forward. serta paling kanan sekali itu adalah button set lighting.

terakhir adalah Gaming buttons. lho, yang mana? ya itu, logo Razer ditengah2. maksud dan caranya ?
hehe..yang dimaksud Razer dengan Gaming buttons itu adalah kemampuan kibord ini untuk mematikan button windows agar ga sengaja kepencet saat lo lagi nge-gaming.
caranya tinggal pencet (touch, i should say) dan tahan logo ular Razernya itu sambil pencet button windows. kalo mao aktifin lagi button windowsnya, do the same as thing.
keren ? yoiiii... ;)6 without an additional buttons, it makes the kibord layout simple and 'clean'.

yang perlu dicermati untuk media buttons ini adalah, idealnya button2 ini bukan layaknya berbentuk tombol yang kalo dipencet akan masuk kedalam. tapi karena namanya adalah touch panel, maka cara pakenya itu disentuh saja. dan isu touch-panel ini tuh over-sensitive kayaknya ga deh, biasa aja kok. yah namanya yang sentuh2an mah pasti berasa lah makanya orang2 mungkin berasanya terlalu sensitif.

- Macro & Driver
setelah diinstall, ini drivernya.


paling kanan atas itu ada Media Player Options. kalo dibuka, akan ada list2 media player yang ada di PC lo. tapi terbatas cuma 4.
tinggal pilih mao yang mana, pilih apply, trus aktifin programnya dan semua tombol play/pause, stop, dll akan berfungsi sebagaimana mestinya.
lalu sebelah kirinya ada lighting options. jadi ini untuk ngatur default lighting yang lo pengenin. suka2 lo aja. caranya sama, pilih trus apply.
dibawah gambar kibordnya ada Profile Options.



Profile Lycosa ini mentok di angka 10. jadi ada 10 profile dengan serangkaian key-strokes/macro yang lo pilih dan eksekusi sndiri sebelumnya.


keistimewaan dari Lycosa adalah semua button (ya, semua) bisa dijadikan macro alias bisa diprogram. dengan bantuan software driver tentunya. (abis ga ada memori on-board kaya tarantula sih, tapi jadinya ga seribet tarantula jg sih  Cheesy)
cara set makro :
- pilih tombol yang lo mao jadiin makro (ditandain dengan warna merah waktu nanti pilih di drivernya)

- akan muncul macro windows yang menjulur kebawah

- disitu silahkan pilih commandnya mao untuk apa, delay-nya brapa mili second (ms), bisa ignore delay jg.
set macro behaviour di mouse jg bisa, liat dibagian paling bawah kiri.

- liat sebelah kanan ada command2 standar untuk key windows (cut, copy, paste, lock windows, switch windows,dll banyak banget deh.. ). ada launch program jg, jadi kalo udah diset, tinggal pencet tombol yang diset itu, langsung keluar program yang lo pengen.

- terakhir, tentuin semua makro dan program setting yang udah lo buat itu dan masukin kedalam profile antara 1-10.
jadi begitu pilih profile, smua settingan yang udah disave tadi langsung bisa dipake.

kalo kurang jelas, baca HELP dan MANUAL BOOK! jangan males.. 

- Typing Test
waktu coba ketik, kesan pertama adalah empuk. ya, empuk dan feedback dari tombol Lycosa ini enak. smooth. karet non-slipnya itu membantu kesan empuknya jg. ketik mengetik asik. 
cuma 1 resenya, berisik banget noise yang dihasilkan kibord ini waktu ketik2. ini kibord paling berisik dari smua kibord yang pernah gue coba. 
tapi ok lah, masi wajar.

- CS 1.6 OL & DotA
coba maen CS 1.6 OL. movement brasa cepet. ga ada salah pencet tombol ato apapun. fast and precise.no problem at all.
ganti senjata cepet. ducking jg enak2 aja kok. cuma mungkin karena sifat dan letak posisi button2 Lycosa ini ceper alias low profile, buat yang biasa pake kibord dengan layout button yang standar/ga ceper mungkin harus sedikit adaptasi pada awalnya. 

maen Dota juga sama aja. no problem.
pake dan set makronya tuh, jamin owning deh. ;)6

untuk semua sesi testing, cuma 2 yang pengen gue tekankan :
- pencet buttonnya jangan pake ato kena kuku ! 
resikonya ? ya terkelupas. jelek loh keliatannya. rajin2 gunting kuku yah... Cheesy

- body glossynya gampang banget lecet ! 
dirawat yah kibordnya, sayang loh..muahal juga. Cheesy

feel respons buttonnya emang beda banget sama tarantula karena Lycosa ini flat button, sementara tarantula masi terbilang tinggi. tapi enaknya sama kok.

wrist rest yang berlogo Razer sebenernya bisa dilepas, tinggal buka mur2nya pake obeng. kalo restnya dicopot, panjang Lycosa jadi skitar (kurang lebih) 10 cm. sedangkan kalo pake rest bertambah 5 cm. jadi total standarnya itu sekitar 15 cm-an.
restnya enak menurut gue, padat tapi ga terlampau keras. sayang aja, logo Razernya ga glowing. kalo iya kan keren tuh. tapi harganya lebih mahal mungkin.  Cheesy

dan yang gue suka dari Razer itu adalah bagaimana mereka mengemas produk yang membuat si pemilik merasa bangga akan produk yang dibelinya tersebut. mulai dari box packaging, gaya bahasa tulisannya, sertifikat kepemilikan dengan serial number unik (imagine, a certificate. who thinks and thought a gaming peripherals needs a certificate?), dan tentunya produknya sendiri yang emang baik performanya dan dari kualitas yah.

CONCLUSION.
from the scale 1-10, Razer Lycosa earns 8.5 for me.

Plus(kelebihan) :
- desain yang keren, sexy, futuristik, enteng pula.
- backlit options yang keren banget pastinya.
- touch panel media yang gokilll.
- makro yang buanyakkk, semua tombol loh.
- gaming mode yang keren banget eksekusinya.
- low profile, ceper jadi tangan dan jari ga mudah lelah.
- respons button yang baik, anti-slip even if your fingers are sweating.

Minus(kekurangan) :
- low profilenya bisa jadi masalah buat orang yang ga suka kibord ceper.
- non-slip rubber buttons yang bisa terkelupas sewaktu2.
- over-sensitive media keys buat sebagian orang.
- noise button yang relatif berisik.
- tidak adanya memori on-board. 
- harga yang terbilang mahal. 

Semoga Bermanfaat...

Sumber:ligagame.com

0 comments:

Posting Komentar

 
Top