Mulai bulan ini, kami akan menyediakan beberapa freeware yang dimuat dalam DVD Majalah CHIP untuk Anda unduh sendiri via internet. Berikut di antaranya:
DVD Shrink 3.2.0.15
Sebagian pencinta film terkadang berpikir untuk menyalin semua filmnya ke dalam komputer. Namun permasalahannya, hal ini banyak menyita ruang hard disk mereka. Jika Anda memiliki permasalah-an yang sama, untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan aplikasi DVD Shrink. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dapat menyalin dan mengompresi file DVD tanpa mengurangi kualitas aslinya. Isi satu DVD biasa dapat dikurangi menjadi sekitar 2,5 GB.  File salinan dapat disimpan dalam hard disk atau dibakar langsung ke dalam kepingan DVD.
IrfanView 4.35
Banyak aplikasi penampil gambar yang bisa Anda download di Internet, salah satunya adalah IrfanView. Selain mendukung banyak format gambar dan video, aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk pengeditan dasar seperti mengoreksi warna, memutar gambar, mengubah ukuran, menambahkan beberapa efek, konversi ke hitam putih, dan banyak lagi. Selain itu, Anda juga dapat membuat gambar panorama atau menambahkan bingkai dengan warna bisa disesuaikan. Fungsi lain dari IrfanView adalah menyimpan slideshow menjadi file EXE, SCR atau dibakar ke dalam CD/DVD.

Kelola File Audio & Video
MediaMonkey 4.0.7.1511
Bukan hanya berfungsi sebagai pemutar musik, MediaMonkey juga memiliki banyak feature untuk mengelola dan me-ngedit file musik. Dengan aplikasi ini Anda dapat mengubah tag, mengubah nama file atau menyusun album. Tampilan MediaMonkey berbasis explorer dengan mendukung banyak tab sehingga memungkinkan Anda membuat banyak daftar lagu berdasarkan jenis musik tertentu. Program ini juga dilengkapi dengan equalizer dan alat konversi untuk file audio dan video. Format audio yang didukung adalah OGG, WMA, MPC, FLAC, APE file, WAV dan MP3.
Kenali Jeroan PC Anda
Sandra Lite 2013
Sandra Lite merupakan aplikasi keluaran dari SiSoftware yang berfungsi untuk menampilkan informasi detail tentang sistem operasi, software, dan hardware yang terpasang dalam komputer Anda seperti informasi tentang prosesor, VGA, mainboard, memori, hard disk, printer, keyboard, dan banyak lagi. Terdapat tujuh tab menu dalam tampilan utamanya, yaitu Home, Tools, Benchmarks, Hardware, Software, Support, dan Favourites. Bagi pemula, software ini menyediakan menu Help yang  mudah diakses. Pilih menu yang bersimbol tanda tanya atau tekan F1 pada keyboard.
Kembalikan Partisi Hilang
TestDisk & PhotoRec 6.14
TestDisk adalah aplikasi yang dirancang untuk membantu Anda dalam memulihkan partisi hard disk yang hilang karena kerusakan sistem, terinfeksi virus, atau terhapus secara tidak sengaja. Program melakukan scanning hard disk dengan cepat menggunakan sistem DOS. Jika terjadi kerusakan pada partisi, TestDisk akan memperbaikinya. Jika partisi benar-benar hilang, program ini akan mencari dan membuat tabel baru, bahkan MBR baru jika diperlukan. PhotoRec adalah program khusus yang digunakan untuk memulihkan file gambar yang hilang dari hard disk.
Hapus Bersih Program
Revo Uninstaller 1.94
Proses uninstall program dengan cara standar dari control panel Windows terkadang masih meninggalkan file sisa. Jika hal ini terjadi terus-menerus kinerja PC Anda bisa terpengaruh. PC jadi lambat atau bahkan lebih buruk lagi terjadi eror pada sistem. Untuk mengatasi hal ini, aplikasi Revo Uninstaller menawarkan kemampuan menghapus program tanpa meninggalkan jejak apapun. Revo Unintaller akan mendeteksi seluruh program yang ter-install dalam PC Anda, kemudian  Anda dapat dengan mudah memilih salah satunya untuk di-uninstall.
Optimalkan Kinerja Hard Disk
UltraDefrag 6.0.0
Lama dan seringnya penggunaan hard disk untuk menulis, menyalin, dan menghapus data membuat performa hard disk menurun. Untuk itu, UltraDefrag hadir sebagai aplikasi defragmentasi untuk mengoptimalkan kinerja hard disk. Ini fungsinya  sama seperti feature defrag yang dibundel oleh sistem operasi Windows. Tampilan program ini sangat sederhana. Pada menu Action, Anda dapat menemukan feature Analyze, Defragment, Quick Optimization, Full Optimization, dan Optimize MFT.  Proses defrag ditandai dengan warna ku-ning, biru, merah, dan ungu.
Kemas Data dalam Arsip
7-Zip 9.20
7-Zip merupakan aplikasi untuk meng-ekstrak dan membuat file arsip. Program ini selain mudah dioperasikan juga tidak banyak menyita memori saat dijalankan. Dilihat dari tampilannya, 7-Zip tidak  banyak menampilkan menu di dalamnya. Untuk membuat file arsip, Anda dapat mengklik tombol Add yang bertanda plus berwarna hijau, kemudian pilih file yang mau diarsip, lalu pilih level kompresi, atur format file arsip, dan tambahkan password untuk keamanan file arsip Anda. Format file arsip yang didukung  adalah RAR, ZIP, TAR, GZ, LZH, LZA, ARJ dan ISO, dan 7z.
100+ Utiliti Sistem Siap Pakai
NirLauncher 1.17.18
Dikembangkan oleh NirSoft, paket aplikasi yang diberi nama NirLauncher ini menyajikan lebih dari 100 utility. Utility yang tersedia antara lain WirelessKeyView, SmartSniff, MozillaHistoryView, VideoCacheView, IPNetInfo, WhosIP, MyUninstaller, OutlookStatView, GDIView, DiskSmartView, WhatIsHang, ExifDataView, dan sebagainya.
Menariknya, untuk memudahkan pengguna, semua utility tersebut dihimpun oleh pengem­bang ke dalam 12 kategori, antara lain Password Recovery Utilities, Network Monitoring Tools, Web Browser Tools, Video/Audio Related Utilities, Internet Related Utilities, Command-Line Utilities, Desktop Utilities, dan sebagainya.
Untuk pengguna pemula, jika Anda ingin menjalankan salah satu utilitiy yang ada, Anda dapat mengklik tombol "Run" yang tersedia di dalam layar utamanya. Sedangkan untuk pengguna tingkat lanjut, dapat menjalankan salah satu utility yang diinginkan dengan mengklik tombol "Advanced Run".
Catatan: NirLauncher  juga menyediakan beberapa utility yang tergabung dalam kategori Password Recovery Utilities. Oleh beberapa produk antivirus, utilitiy tersebut sering dianggap sebagai "hac­king tools". Oleh karena itu, Anda akan sering mendapatkan pesan peringatan ketika menjalankan utiliti tersebut atau men-download software ini.
Tips: Setiap utility yang ada dilengkapi dengan sejumlah des­kripsi mengenai fungsi dan kegunaannya. Untuk me­nam­pilkannya, Anda dapat mengklik menu "Options | Shows Description Text".
Resize File Foto
PIXresize 2.0.6
Terkadang, Anda ingin berbagi file foto hasil liburan bersama keluarga melalui media sosial, seperti Facebook misalnya. Ada baiknya, ubah ukuran foto-foto tersebut agar mudah saat dikirim. Salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk  melakukan hal itu adalah PIXresizer. 
Tips:  Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengubah ukuran sekumpulan (batch) foto dalam satu folder. Untuk itu, klik opsi "Work with multiple files".
Virtual Notes di Desktop
PNotes 9.3.0
PNotes merupakan aplikasi "virtual notes" yang menawarkan berbagai feature menarik, seperti reminder note, pengaturan format font, berbagi catatan melalui e-mail, enkripsi plus proteksi password, dan sebagainya. Menariknya, feature tersebut dapat Anda customize dengan mudah.
Tips: Backup semua note yang telah Anda buat. Caranya, Anda dapat memilih  menu "Backup/Synchronization | Create Full Backup".
FTP Client Firefox
FireFTP 2.0.13
Sebagian pengguna PC masih banyak yang memanfaatkan FTP untuk men-download file yang tersimpan di Internet. Salah satu tools FTP yang dapat Anda manfaatkan adalah FireFTP. Uniknya, tools ini akan menempel sebagai add-on ke dalam aplikasi Mozilla Firefox.
Tips: Sebelum menggunakan tools Fire­FTP, ada baiknya Anda mengatur tools tersebut sesuai kebutuhan. Caranya, Anda dapat mengklik menu "Tools | Options".
Hapus Junk File di iPhone dan iPad
PhoneClean 2.0.2
iPhone dan iPad Anda dipenuhi junk file? Kalau begitu, segera singkirkan file-file tersebut agar tidak mengganggu kinerja perangkat yang Anda gunakan. Solusinya, Anda dapat memanfaatkan aplikasi PhoneClean.
Tips: Aplikasi PhoneClean yang dirancang oleh iMobie dapat berjalan dengan lancar pada iPhone, iPad, dan iPod Touch dengan dukungan platform iOS 6.1.
Ekstrak File PDF 
SepPDF 2.21
SepPDF merupakan tools yang dapat digunakan untuk mengeks­trak file PDF ke dalam jumlah halaman yang Anda ingin­kan. Sebagai contoh, tools ini dapat meng­­ekstrak file PDF yang dimiliki CHIP mulai dari halaman 10 hingga 15. Hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk per halaman.
Tips: Pilih opsi "Split (Page etc Input)" jika Anda ingin mengekstrak halaman file PDF tertentu. Hasil yang telah dieks­trak akan tersimpan di dalam folder yang te-lah Anda tentukan.
Backup USB Flash Drive
USB Image Tool 1.60
USB Image Tool adalah aplikasi yang memudahkan penggunanya untuk mem -backup USB flash drive yang Anda miliki atau USB storage lainnya. Aplikasi ini sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu memilih perangkat yang akan dibackup lalu klik tombol "Backup".     
Tips: Anda juga dapat mengatur buffer size yang ingin digunakan. Untuk itu, pilih tab "Options" lalu centang opsi "Use user-defined buffer size".
Alternatif Photoshop
Hornil StylePix 1.11.4
Interface utamanya didominasi dengan warna hitam, aplikasi Hornil StylePix dapat dijadikan sebagai aplikasi alternatif pengganti Photoshop. Melalui aplikasi ini, Anda dapat mengedit gambar atau foto yang tersimpan di PC agar terlihat lebih menarik.
Tips: Hornil, pengembang aplikasi ini juga menyediakan versi Hornil StylePix Pro. Untuk membeli satu lisensi, Anda perlu mengeluarkan uang US$49,99.
Antivirus Cloud
Panda Cloud Antivirus 2.1.1
Panda Cloud Antivirus adalah aplikasi keamanan data berbasis cloud. Aplikasi ini telah memanfaatkan teknologi kecerdasan kolektif untuk meng­analisis file executable (EXE) dan melindungi data-data Anda dari ancaman malware dan trojan.
Tips: Hasil pemeriksaan dapat dilihat pada layar "Executed programs report". Anda pun dapat mencetaknya ke dalam format teks dengan mengklik tombol "Save report" (disimbolkan dengan floppy disk).



Sumber:CHIP.co.id

0 comments:

Posting Komentar

 
Top